Cara Meghitung Tarif Premi Asuransi Mobil | All Risk & Total Lost Only (TLO) |

Cadernos- Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan setiap bulannya sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya di dalam asuransi. Besarnya jumlah premi yang akan dibayarkan tentu berbeda tergantung beberapa hal :

Jenis asuransi mobil: All Risk / TLO
Pada umumnya, setiap perusahaan asuransi menawarkan dua jenis perlindungan yang sama yaitu:

 Comprehensive (All Risk) 
Total Lost Only (TLO).

Comprehensive (All Risk) adalah ganti rugi oleh perusahaan asuransi atas kerugian sebagian atau keseluruhan mobil akibat kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

Total Lost Only (TLO) adalah ganti rugi yang HANYA akan diberikan perusahaan jika mobil mengalami kerusakan total atau di atas 75%. Selain kedua jenis di atas, Anda juga perlu mengetahui adanya ‘perluasan’. Perluasan adalah penambahan cakupan perlindungan. Perluasan mencakup:


Apakah perluasan perlindungan ini perlu/tidak? Tergantung. Semisalnya begini  jika Anda tinggal di Jakarta, Anda WAJIB mengambil perluasan banjir dan kerusuhan karena 2 kejadian ini cukup sering terjadi disini. Jika Anda tidak mengambil perluasan dan mobil Anda ‘turun mesin’ karena kebanjiran, pihak asuransi TIDAK akan mengganti rugi.

Tabel ACA
Premi Asuransi Mobil      
      

Tabel ACA
Tiap perusahaan asuransi mobil memiliki rate berbeda untuk produk asuransi mobil mereka. Berikut beberapa contohnya:

Perhitungan

Misalnya, Anda memiliki mobil dengan merek Etios Valco dengan perkiraan harga Rp 135.500.000,00. Anda akan mengasuransi mobil tersebut dengan memilih perlindungan All Risk dari ACA dan dengan tambahan perluasan jaminan banjir, kerusuhan, dan sabotase. Adapun, besarnya premi yang akan Anda bayar adalah sebagai berikut:

Pehitungan
Sinar Mas

Premi
Besarnya premi yang diberikan oleh Sinar Mas yaitu:
Untuk perlindungan Comprehensive (All Risk) rincian preminya yaitu jika harga mobil > 500 juta premi yang ditawarkan 2,5% dan jika harga mobil <500 juta premi yang ditawarkan 3,25%.
Untuk perlindungan Total Lost Only (TLO) sebesar 1,5%.

Perhitungan
Anda memiliki mobil Toyota Rush dengan perkiraan biaya Rp 226.000.000,00. Mobil tersebut akan Anda asuransikan di perusahaan Sinar Mas dengan menggunakan perlindungan All Risk. Berapakah premi yang akan Anda bayar per tahunnya? Berikut rinciannya:


Perhitungan Premi
Jadi, besarnya premi yang akan Anda bayar pertahunnya adalah sebesar Rp 7.345.000


Read more on site..
Here
SEWAKAN SPACE IKLAN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

SIlahkan berkomentar dengan baik dan sopan, Kami mohon agar tidak meninggalkan link hidup (spamming) di blog ini. Terimakasih