Suzuki Ertiga Hibrida Sebentar Lagi Hadir Di Pasaran

Cadernos-Teknologi hibrida yang diperkenalkan Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 lalu bukan lagi cuma jadi barang pameran. Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS, mengungkap, dalam waktu dekat sistem Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) bakal disematkan di salah satu model yang sudah ada.

Mobil Ertiga

Sistem SHVS bekerja sederhana. Rangkaian sistem terdiri dari ISG (Intergrated Starter Generation) yang menghasilkan tenaga dari motor penggerak. Energi yang terbuang dari pengereman dimanfaatkan kembali dalam sistem ini. Di India, SHVS sudah tersedia pada mesin diesel D13A 1.2L. Piihan ini disematkan pada Ertiga dan sedan Ciaz. SHVS merupakan terbosan Suzuki atas teknologi hibrida. Beda seperti sistem hibrida kebanyakan, SHVS lebih terjangkau.

New Ertiga diesel hibrida juga punya tombol start/stop, regenerasi energi lewat pengereman, dan bantuan pengaturan torsi. Seharusnya, konsumsi bahan bakar New Ertiga hibrida jauh lebih irit dibanding varian diesel konvensional.

Mesin bensin tetap sama, menggunakan K14 B 1.4L tapi tidak diterangkan tenaganya diturunkan seperti yang terjadi pada New Ertiga di Indonesia. Transmisi manual 5-percepatan jadi perlengkapan standar, khusus mesin bensin punya pilihan transmisi otomatis 4-percepatan sedangkan diesel diprediksi menggunakan CVT.

Sumber

SEWAKAN SPACE IKLAN

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

SIlahkan berkomentar dengan baik dan sopan, Kami mohon agar tidak meninggalkan link hidup (spamming) di blog ini. Terimakasih